Kamis, 23 Oktober 2014

Solusi terbaik menyatukan semut rangrang

Salam kroto. Solusi terbaik menyatukan semut rangrang berbeda koloni. Apa kabar sahabat semua, kroto sekarang memang lagi di sukai banyak orang berbeda dengan jaman dulu karena sekarang harga kroto memang sangat menggiurkan, semàkin lama semakin mahal harganya. bener oppo orak. suwe suwe terus dadi piro ne munggah terus. hehe.. Banyak sekali yang ingin mencoba keberuntungan dari kroto. Sekarang juga banyak yang menyediakan bibit semut rangrang yang mudah di pesan untuk di kembangkan di rumah. Pemesanan bibit semut rangrang memang sangat mempermudah pekerjaan, daripada harus repot repot mencari dan menyatukan semut rangrang sendiri.



Bagi mas bro sendiri memang tidak ada paksaan harus memesan atau membeli bibit semut rangrang, semua saya serahkan kepada sobat semua. Misalkan kalau poro sedulur ingin mencari sarang kroto di alam juga sah sah saja. Ora ono seng nglarang ..yaw tow... Kemudian untuk praktek panduan bisa membuka dan belajar di blog flodesta.

Memang mencari sarang semut rangrang memang tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak kendala mulai dari waktu , biaya,  bahan bakar kalau mencari pakai motor belum juga tenaga (jalan kaki euy...) harus muter muter alias blusukan ke satu pohon ke pohon lain itupun belum jaminan dapat sarang kroto alam sesuai keinginan.
Kembali maning ke laptop. Bicara tentang menyatukan semut rangrang alam yang berberda koloni memang tidak mudah, banyak sekali kendala yang harus di terima. Paling sering kita alami adalah pada saat menyatukan semut rangrang baru kedalam koloni lama. Realita yang terjadi sebagian banyak yang mati. Apakah mati semua atau hanya mati sebagian. Tentu peristiwa tersebut sangat menyakitkan apalagi ternak kroto yang kita rawat hasil jerih payah yang cukup lama dalam penangkaran kalau sampai habis tentu sia sia saja pengorbanaan kita selama ini.
Dahulu mas bro juga pernah membahas tentang menyatukan semut rangrang beda koloni. Bagi sahabat flodesta yang sudah lama membaca semua postingan di dalam blog ini pasti sudah tahu. Tetapi cara yang mas bro gunakan belum tentu hasilnya sama. Kalau teknik yang sudah saya bagikan tidak membuahkan hasil berarti apa yang salah ya? mungkin kurang doa kali ya...
Mulai sekarang kalau ingin menambah koloni baru jangan disatukan daripada beresiko , apakah mati semua atau hanya sebagian. Entar nyesel loh..tapi beda jika sobat mau menerima resiko yang akan terjadi. Apapun yang terjadi nanti sobat harus terima dengan legowo apabila anda tetap kekeh ingin melanjutkan menyatukan semut rangrang berbeda koloni. Resiko ditanggung dewe.
Bagaimana solusi terbaik menyatukan semut rangrang beda koloni mas bro ? Seumpama kita dapat sarang alam atau koloni semut rangrang baru sebaiknya dibuatkan tempat sendiri saja. jiah..makan tempat dong mas bro ? Yow gak oppo daripada semutmu do mati kabeh , gelem po.
Setiap kita dapat sarang semut rangrang baru tentu harus disediakan tempat baru pula. Tempat baru bisa di buatkan meja meja kecil yang bisa menampung satu sarang saja bisa juga satu rak kroto di atasnya di kasih nampan atau tempayan ( sesuaikan dengan koloni semut rangrang yang kita dapat ). Cara ini lebih aman untuk menghindari pertempuran antara semut rangrang berbeda koloni.
Kesimpulan akhir kalau masih ragu ragu menyatukan semut rangrang beda koloni jangan di teruskan daripada nyesel mburine. Tapi selama ini mas bro kalau menyatukan semut rangrang beda koloni tidak ada masalah berarti. Masalah semut mati tidak  terlalu banyak daripada anda membuat rak semut
lagi tentu akan memakan biaya dan tempat.
Demikianlah cara terbaik menyatukan semut rangrang berbeda koloni. Semoga bisa menjadi inspirasi sobat semua. Jangan lupa ye...cendole. suwun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar